Pandangan terhadap dalil Aqli dan Naqli

opini:Pandangan Terhadap Al-qur'an dan Hadis
Oleh :Nurmalasari       
                                         
Al-qur'an dan Hadis adalah pedoman bagi umat Islam. Inti ajaran panutan dan kepercayan bagi Islam itu sendiri.

Namun kita perlu pahami bahwa Al-quran dan Hadis butuh pemahaman dan ilmu yang luas.

Baik itu memahami dari segi tekstual maupun kontekstual.

Memang benar mencapai ridho ilahi tidak satu jalan.
Namun perlu diketahui hanya Allah yang menilai dan mengetahui bagaimana nilai kebaikan dan keburukan seseorang.

Sesama manusia hanya perlu menjalankan perintah dan kewajiban yang telah ditetapkan bukan menilai seseorang akan kebaikan dan keburukannya.

Boleh jadi mereka yang kita pandang buruk namun Allah menyatakan dia orang yang selamat dan boleh jadi apa yang kita nilai baik belum tentu baik.

Olehnya jangan asal menjugde seseorang karena sesungguhnya akhlak dan perbuatan kita hanya bisa dinilai diakhir hidup seseorang dan hanya sang khaliq alasan terciptanya makhluk yang berhak menilainya. 

Al-qur'an dan Hadis sering dimaknai hanya tekstual saja. Padahal kita ketahui bahwa segala sesuatu yang terjadi akan berubah dan berkembang sesuai zamannya.

Tidak mungkin dapat disamakan bentuk kejadian yang serupa dengan zaman di mana asbabunuzul Al-qur'an dan syarah hadis dengan zaman kita.

satu pesan yang ingin disampaikan "kita memiliki akal dan pikiran yang berbeda namun tujuan  tetap sama yaitu untuk mendapatkan ridho Sang khaliq.

Olehnya jangan pernah menilai pemahaman seseorang hanya dari satu sisi, dan semua yang terjadi merupakan kehendak-Nya baik atau pun itu buruk.

Kita hanya bisa menerima dan berusaha menjalaninya, mengubah takdir dari cara kita berpikir dan bagaimana mengamalkannya".

Sekian...

                                                                Mateng 31 Juni



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

orang pintar akan dialahkan orang beradab